Bupati/Wako Keluhkan APBD untuk Klub

Bupati/Wako Keluhkan APBD untuk Klub
Foto: Dok.JPPhoto
JAKARTA -- Dukungan pemerintah terhadap Liga Primer Indonesia (LPI) antara lain lantaran untuk meringankan beban APBD, yang di beberapa daerah masih menganggarkan untuk klub sepakbola.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengaku sering menerima keluhan dari sejumlah bupati/walikota, yang di daerahnya punya klub sepakbola. "Mereka mengeluh, uang APBD-nya terkuras untuk klub,"  dalam diskusi bertema "Menyongsong Indonesia 2011" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (8/1). Meski tema diskusi seperti itu, namun porsi waktu terbesar untuk membahas masalah perseteruan PSSI dengan LPI.

Andi mengatakan, sebagai salah seorang penggagas konsep otonomi daerah ini, dia ingin uang APBD tidak terganggu oleh penyelenggaraan liga sepakbola. Dengan adanya LPI yang membiayai sendiri, tanpa minta APBN dan APBD, maka beban negara dan daerah akan terkurangi.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan terus melakukan penelusuran terkait pengelolaan dana PSSI yang bersumber dari APBN. Lembaga antikorupsi itu telah membentuk tim khusus yang bertugas melakukan kajian atas dana tersebut. Dalam proses pengkajian tersebut, KPK akan berkoordinasi dengan Kemenpora untuk mengumpulkan sejumlah informasi terkait.

JAKARTA -- Dukungan pemerintah terhadap Liga Primer Indonesia (LPI) antara lain lantaran untuk meringankan beban APBD, yang di beberapa daerah masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News