Bursa Transfer ISL Lebih Lama Dibanding Musim Lalu

Bursa Transfer ISL Lebih Lama Dibanding Musim Lalu
Bursa Transfer ISL Lebih Lama Dibanding Musim Lalu

jpnn.com - JAKARTA - Klub-klub Indonesia Super League (ISL) 2014 ini bisa memilih pemain terbaiknya untuk putaran kedua, 17 Mei nanti. Sebab, untuk masa berlangsungnya bursa transfer pemain di jeda putaran kali ini berlangsung lumayan panjang. Bahkan periodenya berlangsung hampir satu bulan lamanya.

Jika dibandingkan masa transfer pada ISL musim sebelumnya, musim ini tercatat lebih panjang masanya. Musim lalu, dengan sama-sama berlangsung bulan Mei, waktunya berkisar tiga pekan. Sedangkan untuk tahun ini bursa transfer pemain dibuka mulai 10 Mei kemarin hingga 6 Juni mendatang.

Artinya, klub-klub mempunyai waktu 28 hari untuk membongkar-pasang skuadnya. Panjangnya masa transfer pemain ini disebabkan karena disesuaikan dengan Transfer Matching System atau TMS FIFA. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Manajer Administrasi Kompetisi PT Liga Indonesia (PT LI), Darwis Satmoko.

Deadline masa transfer pemain tersebut sebelumnya hanya berlangsung pada bulan Mei ini saja.

PT LI sebelumnya menentukan tanggal 9 Mei sebagai dibukanya masa transfer pemain dan baru ditutup pada 30 Mei. Atau dengan kata lain hanya 21 atau 22 hari saja waktu yang diberikan kepada klub-klub.

TMS sendiri bukan hanya untuk pemain asing, pun demikian untuk pemain lokal. Bedanya, jika untuk pemain asing fungsinya lebih vital karena bisa digunakan untuk mendapatkan International Transfer Certificate (ITC). Kalau untuk pemain lokal baru akan berlaku jika yang bersangkutan akan bermain di luar negeri.

Menurut Darwis, untuk TMS ini, pihak PSSI sudah mendaftarkan periode untuk TMS kompetisi domestik Indonesia sampai dengan 6 Juni.

"Sehingga, kami dari PT LI pun juga menyesuaikan dengan apa yang sudah didaftarkan PSSI kepada FIFA tersebut. Tanggal 6 Juni sebagai deadline pendaftaran pemain," bebernya.

JAKARTA - Klub-klub Indonesia Super League (ISL) 2014 ini bisa memilih pemain terbaiknya untuk putaran kedua, 17 Mei nanti. Sebab, untuk masa berlangsungnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News