Buruh Migran Dominasi Kuota Haji Nunukan

Buruh Migran Dominasi Kuota Haji Nunukan
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - NUNUKAN – Buruh migran Indonesia mendominasi kuota calon jemaah haji asal Nunukan, Kalimantan Utara untuk 2016. Para buruh migran itu selama ini bekerja di Sabah, Malaysia.

Dari 87 kuota, terdapat 40 persen jemaah merupakan BMI yang mendaftar di Kementerian Agama (Kemenag) Nunukan. Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Muh. Tahir mengungkapkan, para CJH yang mendaftarkan diri untuk menjalankan ibadah rukun Islam yang kelima itu memang banyak berdomisili di Sabah, Malaysia.

Meski berdomisili di Malaysia, namun para pedaftar itu adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Ia menjelaskan, jumlah WNI yang akan berhaji melalui Nunukan di wilayah Sabah sekitar 35 persen. Jumlah itu terus meningkat setiap tahunnya, mengingat Nunukan adalah daerah perbatasan bagi para BMI yang berkerja di Malaysia.

“Tahun ini saja mungkin ada sekitar 40 persen mereka berdomisili di Sabah, Malaysia,” beber Tahir, sapaan akrabnya kepada Radar Nunukan saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. (eza/oya/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News