Bus Listrik Ini Resmi Diluncurkan, Mas Nadiem: Didesain Oleh Anak Bangsa

Bus Listrik Ini Resmi Diluncurkan, Mas Nadiem: Didesain Oleh Anak Bangsa
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim berfoto bersama peneliti bus listrik pada peluncuran bus listrik di Bali, Ahad. (ANTARA/HO-Humas Kemendikbudristek)

jpnn.com, BALI - Bus Listrik Ini Resmi Diluncurkan, Mas Nadiem: Didesain Oleh Anak Bangsa

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan bus listrik hasil buatan anak bangsa, Minggu (13/11).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bus tersebut merupakan hasil riset dari berbagai Universitas di Indonesia.

Adapun Perguruan Tinggi tersebut ialah Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, bersama dengan PT Industri Kereta Api (INKA).

"Bus listrik ini didesain oleh anak bangsa (Indonesia) dan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia,” kata Menteri Nadiem dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan sejak pertama kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima presidensi G20, pihaknya yakin itu merupakan salah satu momentum untuk menunjukkan keunggulan bangsa Indonesia dalam berbagai bidang.

"Salah satunya adalah bidang pendidikan,” kata dia.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyampaikan rasa bangga terkait Bus listrik itu.

Kemendikbudristek) bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan bus listrik hasil buatan anak bangsa, Minggu (13/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News