Busway Terbakar, Penumpang Berhamburan

Busway Terbakar, Penumpang Berhamburan
Busway Terbakar, Penumpang Berhamburan

jpnn.com - SATU persatu bus Transjakarta terbakar di jalan. Kali ini, bus Transjakarta bernopol B 7497 IX terbakar hebat di busway koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas), Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung, Jumat (24/1) siang. Kebakaran diduga karena kerusakan radiator yang menyebabkan mesin kelebihan panas dan membakar bagian belakang bus.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini. Hanya saja, peristiwa ini menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian macet sepanjang 2 kilometer dari arah Pramuka menuju Pulogadung. Rangkaian kebakaran di jalan tersebut menunjukkan betapa tidak terawatnya bus Transjakarta.

Bus naas tersebut dikemudikan oleh pramudi, Nandang (37). Bus tersebut, sebelumnya diketahui mengalami gangguan pada radiatornya. Bahkan, saat bus tiba di Halte BPKP, bus juga sempat beberapa kali mengepulkan asap tebal. Pengemudi meminta penumpang beralih ke bus Transjakarta lain di halte tersebut.

Selanjutnya, bus dengan nomor bodi, JMT 035 melanjutkan perjalanannya menuju Pulogadung. Hanya saja masih ada penumpang yang berada di dalam bus. Saksi mata, Heru, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.30. Saat itu bus Transjakarta yang melaju ke arah Pulogadung tiba-tiba mengeluarkan api dari bagian belakang bus. ”Ada asap dulu, terus apinya langsung membesar,” kata Heru di lokasi kejadian.

Asap tebal itu muncul ketika bus berada di Perempatan Mega, Rawamangun. Asap mengepul dari bagian belakang bus yang dibarengi semburan api hingga akhirnya terbakarlah bus tersebut.

Kejadian itu lantas membuat penumpang yang berada di dalam bus langsung berhamburan keluar. ”Penumpangnya langsung keluar. Apinya cukup besar, membakar belakang bus,” ujarnya.

Sementara sopir bus, Nandang, saat melihat kobaran api di bagian belakang bus langsung mengerem. Dia kemudian mencoba memadamkan kobaran api menggunakan alat pemadam ringan (Apar) yang ada di dalam bus. Namun, usaha tersebut seperti sia-sia karena kobaran api justru membesar. ”Api dengan cepat membakar. Untung di dekat lokasi kejadian ada kantor pemadam kebakaran,” ujar Nandang.

Petugas on bord Busway, Martin, 30, menuturkan, kebakaran bus Transjakarta itu disebabkan air radiator yang habis. Sehingga saat di Halte BPKP, bus mengeluarkan asap tebal. Karenanya dia pun langsung menurunkan para penumpang di halte  BPKP. ”Rencananya tadi mau masuk ke pool di Pulogadung, biar diperbaiki dulu. Tapi baru sampai perempatan Mega sudah terbakar,” kata Martin.

SATU persatu bus Transjakarta terbakar di jalan. Kali ini, bus Transjakarta bernopol B 7497 IX terbakar hebat di busway koridor IV (Pulogadung-Dukuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News