Butuh 160 Pabrik Kelapa Sawit

Butuh 160 Pabrik Kelapa Sawit
Butuh 160 Pabrik Kelapa Sawit
MEDAN- Industri kelapa sawit dan produk turunannya diyakini masih akan terus berkembang. Namun, dari 7,5 juta hektare (ha) kebun sawit di Indonesia, ketersediaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) hanya 700 unit. Idealnya, ada satu PKS untuk 7.500 ha. Di Sumut, dengan luas kebun sawit 1,2 juta ha, sedikitnya dibutuhkan 160 PKS.

Untuk itu, diperlukan inovasi teknologi dan kemampuan manajerial untuk terus meningkatkan efisiensi industri dan menghasilkan produk-produk turunan minyak sawit (CPO) dan minyak inti (PKO). Asisten Ekonomi Pembangunan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Sabrina menegaskan, industri kelapa sawit merupakan penopang pertumbuhan ekonomi yang utama di Sumut dan Indonesia.

Mestinya, sumbangan kelapa sawit untuk perkembangan ekonomi Sumut dan Indonesia bisa berlipat dibanding kondisi sekarang. Caranya, dengan meningkatkan nilai ekonomi melalui pengurangan ekspor CPO dan PKO dan memperbanyak industri untuk menghasilkan produk turunannya.

Sumut sebagai sentra utama penghasil kelapa sawit dan produk olahannya masih sangat perlu menumbuhkan sektor hilir. Pasalnya, peran sektor ini masih rendah.

MEDAN- Industri kelapa sawit dan produk turunannya diyakini masih akan terus berkembang. Namun, dari 7,5 juta hektare (ha) kebun sawit di Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News