Buwas: Ini Keputusan Presiden, Tentu Lebih Baik dari Saya

Buwas: Ini Keputusan Presiden, Tentu Lebih Baik dari Saya
Heru Winarko (kiri) resmi menjadi Kepala BNN, menggantikan Budi Waseso (tengah) yang memasuki masa pensiun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso yang per hari ini resmi purna tugas dari kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), maupun di Polri.

Sebagai gantinya Presiden Joko Widodo telah memilih Irjen Pol Heru Winarko.

"Ini sudah keputusan Pak Presiden, tentu pilihan terbaik yang sudah dipilih Pak Presiden, pasti pengganti saya akan lebih baik dari saya. Ini harapan kita karena menghadapi narkotika harus orang-orang yang memiliki integritas yang bagus, profesional, itu mutlak," ujar Budi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3).

Purnawirawan jenderal bintang tiga yang beken disapa dengan panggilan Buwas ini pun tidak mempersoalkan penggantinya bukan pejabat yang telah bertugas di BNN. Hal itu, katanya, sama seperti dirinya dulu yang berasal dari Bareskrim Polri.

Walaupun secara aturan, dirinya mengaku ketika ditunjuk sebagai kepala BNN tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan yang diatur dalam perundang-undangan.

Di antara syarat mutlak itu, kata dia, 2 tahun berturut-turut bertugas di bidang narkotika, 5 tahun sebagai penyidik.

"Lima tahun terpenuhi, tapi mengenai narkoba memang belum. Tapi kalau nanti mau benar-benar mengetahui permasalahan narkotika, sepanjang dia punya komitmen yang kuat bisa. Itu bisa," jelas pria yang getol membongkar kasus Pelindo II sebelum ditugaskan di BNN.(fat/jpnn)


Buwas tidak mempersoalkan penggantinya bukan pejabat yang telah bertugas di BNN.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News