Jokowi Pilih Irjen Heru Winarko untuk Pengganti Buwas

Jokowi Pilih Irjen Heru Winarko untuk Pengganti Buwas
Presiden Joko Widodo dan Kepala BNN Heru Winarko di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Kepppres) pengangkatan Irjen Heru Winarko sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Irjen Budi Waseso alias Buwas.

Keputusan ini diambil Jokowi -sapaan presiden pada Rabu (28/2). “Fix Heru yang akan dilantik," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi, menjawab JPNN.com, Kamis (1/3).

Nama Heru yang kini menjabat Deputi Penindakan KPK, dipilih dari tiga kandidat yang diusulkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada presiden. Dua nama lainnya adalah Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukamto dan Deputi Penindakan BNN Irjen Pol Arman Depari.

Bicara kriteria calon kepala BNN, sebelumnya Johan menyebutkan bahwa Jokowi tentu punya ukuran dan pertimbangan untuk memilih satu dari tiga nama yang ada.

"Ukuran-ukuran itu bisa didapat dari banyak masukan, di antaranya dari kapolri. Kriteria yang paling baiklah, yang profesional, integritasnya tinggi, bagus, berani. Saya kira itu," tambah Johan.

Sesuai agenda kepresidenan, Irjen Heru yang merupakan mantan kapolda Lampung, akan dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai kepala BNN yang baru pada pagi ini, di Istana Negara, Jakarta.(fat/jpnn)


Nama Heru yang kini menjabat Deputi Penindakan KPK, dipilih dari tiga kandidat yang diusulkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada presiden.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News