Buzzer Mendominasi Percakapan Debat Capres Malam Itu

Buzzer Mendominasi Percakapan Debat Capres Malam Itu
Tiga capres (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Annalisee Big Data (ABD) memantau percakapan di media sosial khususnya X selama debat capres pada Selasa (12/12) malam berlangsung.

Dalam laporan ini, Social Media Insight ABD menganalisis ratusan ribu postingan, cuitan, dan komentar yang muncul selama debat capres.

Executive Vice President Komunikasi Korporat PT Annalisee Big Data Dirgahayu Maha Restu mengatakan ABD menggunakan artificial intelligance dan big data untuk mendeteksi pengguna media sosal yang terlibat dalam percakapan tersebut, dan menemukan bahwa sebagian besar percakapan dipengaruhi oleh buzzer atau bisa disebut juga pendengung.

"Berdasarkan pantauan, sistem kami membaca bahwa percakapan di media sosial khususnya X (dahulu bernama Twitter) didominasi oleh buzzer. Hal ini terlihat dari hastag dengan engagement tertinggi digunakan dalam me-mention para capres," tutur Restu.

Laporan ABD menunjukkan, buzzer menggunakan berbagai strategi untuk memengaruhi percakapan selama debat capres, termasuk membagikan konten yang mendukung kandidat tertentu, menyerang calon lain, dan melakukan amplifikasi pesan-pesan yang mereka anggap menguntungkan.

Dalam pantauan sistem, tagar yang paling banyak muncul dari 172.225 cuitan untuk capres 1 Anies Baswedan adalah #AMINUnggulDebatCapres dan #AMINTerbaiknomor1.

Sementara itu, capres 2 Prabowo Subianto paling banyak hastag yang muncul dari 153.511 cuitan adalah #MenangSeputaran, #KodeKita08Gemoy, dan #BersamaIndonesiaMaju.

Ganjar Pranowo, capres 3, hastag yang paling banyak muncul dari 99.180 ciutan adalah #Ganjarsikatkorupsi, #LanjutGANsemuamurah, dan #LanjutGANsemuakerja.

Annalisee Big Data memantau percakapan di media sosial khususnya X, selama debat capres berlangsung. Ini hasilnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News