Cabe, Bukan Sekedar Bumbu Pedas

Cabe, Bukan Sekedar Bumbu Pedas
STOK KOSONG : Selain harganya yang tinggi, saat ini stok cabai khususnya jenis rawit merah sering kosong di pasaran. Tampak dua orang ibu berbelanja cabai di Supermarket Diamond Palembang, Rabu (5/1). Foto:Evan Zumarli/Sumatera Ekspres.
JAKARTA -- Bagi kalangan awam, cabe hanya dimengerti sebagai bumbu dapur yang menimbulkan rasa pedas. Padahal, manfaatnya lebih dari sekedar barang pemedas. Dr.Ari Fahrial Syam, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, menjelaskan, cabe yang kini di beberapa daerah harganya sudah mencapai Rp100 ribu per kilogram itu, juga bermanfaat bagi kesehatan.

Cabe, menurut Ari,  termasuk sayur-sayuran yang mengandung capsaicin, sehingga rasanya pedas. "Capsaicin sendiri  mempunyai efek penghilang sakit, anti radang, meningkatkan nafsu makan. Cabe memang bisa meningkatkan peristaltik usus sehingga merangsang seseorang untuk BAB (buang air besar)," terang Ari Fahrial Syam kepada JPNN, Jumat (7/1).

Lebih lanjut Konsultan Lambung dan Pencernaan itu menjelaskan, selain mengandung capsaicin, cabe juga mengandung vitamin C, vitamin A, mineral, antioksi, dan serat. Diterangkan, cabe bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori lebih baik sehingga bisa digunakan untuk mengontrol berat badan. "Jadi saya lebih melihat bahwa lebih banyak manfaatnya kalau kita mengkonsumsi cabe," ulasnya.

Pada orang mempunyai keluhan sakit maag, lanjutnya, memang sebaiknya menghindari makanan yang pedas dan asam. Tetapi jika sakit maagnya membaik, masih bisa menkonsumsi cabe dengan jumlah sedikit. "Sehingga saya tidak setuju jika cabe dihindari untuk dikonsumsi dengan alasan karena harganya mahal," imbuhnya. Ditekankan berkali-kali, bahwa banyak manfaat yang didapat jika mengkonsumsi cabe. Dia memberi contoh, seorang petinju justru akan lebih semangat jika mengkonsumsi cabe.

JAKARTA -- Bagi kalangan awam, cabe hanya dimengerti sebagai bumbu dapur yang menimbulkan rasa pedas. Padahal, manfaatnya lebih dari sekedar barang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News