Obesitas Menekan Fungsi Testis

Obesitas Menekan Fungsi Testis
Phaidon L Toruan. FOTO: HENDRA EKA/JAWA POS
JAKARTA -- Hati-hati dengan kegemukan atau biasa disebut obesitas. Corporate Health Trainer, Phaidon L Toruan, mengingatkan, obesitas berkaitan erat dengan kenikmatan seksual. "Obesitas mengurangi kenikmatan dan kualitas seks," ujar Phaidon, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran pada 2000 itu kepada wartawan, Selasa (4/1).

Lebih lanjut Nutrition Manager Indonesia Football Academy (IFA) itu menguraikan, lantaran obesitas para pria berkaitan dengan kualitas seksual itulah, maka banyak wanita yang lebih suka pria dengan tubuh yang atletis dan perut yang rata. "Jadi kesukaan ini bukan sekedar perasaan," imbuh pria kelahiran 7 November 1973 itu. Maksudnya, para wanita sudah merasakan bahwa pria dengan tubuh atletis lebih memberikan pelayanan seks yang lebih baik. Karenanya, mereka tak suka pria dengan badan kegemukan.

Dokter Fai, begitu Paidhon biasa disapa, mengatakan bahwa  kegemukan menyebabkan penurunan kesehatan metabolisme tubuh yang mengontrol ereksi dan kadartestosteron di dalam darah.

"Obesitas cenderung menurunkan produksi testosteron dan free testosteron ( bentuk aktif dari hormon testosteron)," ujar dokter bertubuh atletis itu. Bila secara alamiah, penurunan hormon testosteron seiring dengan proses penuaan. "Biasanya dimulai pada usia 30-an," katanya.

JAKARTA -- Hati-hati dengan kegemukan atau biasa disebut obesitas. Corporate Health Trainer, Phaidon L Toruan, mengingatkan, obesitas berkaitan erat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News