Cabor Angkat Besi Terancam Dicoret dari Olimpiade Los Angeles 2028, NOC Merespons Tegas

Cabor Angkat Besi Terancam Dicoret dari Olimpiade Los Angeles 2028, NOC Merespons Tegas
Rahmat Erwin Abdullah. Foto: NOC Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) akan berjuang agar cabang olahraga angkat besi bisa tampil di Olimpiade 2028 Los Angeles.

Sebelumnya, ada wacana bahwa Komite Olimpiade Internasional (IOC) bakal menghapus cabor angkat besi di Olimpiade Los Angeles 2028 menyusul skandal korupsi dan doping di tubuh Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Melihat potensi itu, NOC yang dipimpin Raja Sapta Oktohari tengah membangun diplomasi dengan IOC dan memperkuat sinergi kepengurusan di Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI).

Dalam rapat virtual dengan Menpora Zainudin Amali, Senin (13/12), Raja Oktohari membicarakan wacana dicoretnya angkat besi dari Olimpiade Los Angeles.

Pria yang akrab disapa Okto itu mengaku sedang melobi beberapa pimpinan organisasi angkat besi internasional agar cabor angkat besi tetap bisa berlangsung di Olimpiade Los Angeles.

“Saat ini pemerintah mendukung penuh langkah kami dan PABSI terkait kelangsungan cabor angkat besi di Olimpiade Los Angeles 2028. Dengan arahan Menpora, kami akan memperjuangkan angkat besi.”

“Kami telah berkoordinasi dengan PABSI untuk membuat diplomasi dengan IWF (Federasi Angkat Besi Internasional) dan AWF (Federasi Angkat Besi Asia). Lalu, NOC akan berkomunikasi lebih lanjut dengan IOC,” ungkap Okto dalam rilis tertulis.

Pekan lalu, IOC sudah merilis 28 cabor yang akan dimasukkan dalam event Olimpiade LA 2028.

Begini cara NOC Indonesia memperjuangkan supaya cabor angkat besi bisa tampil di Olimpiade Los Angeles 2028

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News