Cak Imin jadi Cawapres Anies, Akar Rumput PKB Mayoritas Dukung Prabowo

Cak Imin jadi Cawapres Anies, Akar Rumput PKB Mayoritas Dukung Prabowo
Prabowo Subianto tetap mendapatkan dukungan tertinggi dari pemilih mayoritas yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). ilustrasi. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 3 – 12 September menunjukkan bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto tetap mendapatkan dukungan tertinggi dari pemilih mayoritas yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hal itu terjadi setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dideklarasikan sebagai bacawapresnya Anies Baswedan.

Peneliti Senior SRS, Edwin Abdul mengungkapkan pascadeklarasi Anies-Muhaimin, tidak ada perubahan yang berarti dari para pemilih PKB.

Dia menyebutkan para pemilih PKB lebih cenderung masih mendukung Prabowo dibanding Anies.

“Hasil survei SRS menunjukkan bahwa pascadeklarasi pasangan Anies - Cak Imin, konfigurasi dukungan pemilih PKB di Jawa Timur juga tidak mengalami perubahan berarti,” kata Edwin Abdul, dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Minggu (17/9).

"Bagian terbesar responden yang mengaku pemilih PKB ternyata masih memberikan dukungan pada Prabowo Subianto," lanjutnya.

Dia menyebutkan jika pilpres diselenggarakan saat ini, ada sebanyak 38,4 persen pemilih PKB di Jawa Timur mengaku akan memilih Prabowo.

"Kemudian sebanyak 34,5 persen menyatakan dukungannya pada Ganjar Pranowo, sedangkan Anies Baswedan dipilih oleh 18,8 persen dan yang belum punya pilihan sebesar 8,3 persen,” ungkap Edwin.

Prabowo Subianto tetap mendapatkan dukungan tertinggi dari pemilih mayoritas yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News