Cak Imin Memenuhi Syarat Jadi Pengganti JK

Cak Imin Memenuhi Syarat Jadi Pengganti JK
Muhaimin Iskandar bersama Presiden Jokowi di gerbong kereta bandara perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Stasiun Sudirman Jakarta, Selasa (2/1/2018). FOTO: SETPRES

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat peresmian stasiun kereta bandara sangat menarik. Pasalnya, ketika itu dia terlihat sangat akrab dengan Presiden Joko Widodo.

"Karena posisi Cak Imin tidak terkait dengan transportasi dan posisi Cak Imin di acara itu juga sangat dekat dengan Jokowi," kata guru besar ilmu politik Universitas Airlangga (UNAIR) Kacung Marijan saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (4/1).

Menurut Marijan, Cak Imin memiliki potensi menjadi pendamping Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Pasalnya, kata Marijan, Cak Imin sudah lama di dalam politik dan pemerintahan, baik sebagai menteri, anggota DPR maupun ketua umum partai.

Selain itu, Cak Imin juga berasal dari komunitas Islam, yakni Nahdlatul Ulama (NU). Sementara Jokowi merupakan representasi nasionalis. Atas dasar itu menurut Marijan, Jokowi membutuhkan tambahan konstituen dari kalangan Islam.

"Kalau periode ini ada Pak JK, periode berikutnya bisa dari yang lain. Cak Imin bisa memenuhi syarat itu. Dalam kasus kemarin itu, bisa jadi menjadi semacam test on the water tentang kemungkinan Cak Imin menjadi pendamping Jokowi," kata Marijan.

Lebih lanjut, Marijan mengakui salah satu penentang Jokowi adalah dari kalangan Islam. Berangkat dari fakta itu, tidak mungkin Jokowi mendapatkan dukungan kalangan Islam sepenunya.

"Cak Imin berasal dari kalangan Islam moderat. Potensi Jokowi dari kalangan Islam moderat besar. Itu akan lebih besar lag kalau wakilnya merupakan reptesentasi kalangan Islam moderat seperti Cal Imin," demikian Marijan. (wid/rmol)


Ada banyak alasan kenapa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin layak jadi pendamping Jokowi di periode kedua menggantikan JK


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News