Cak Imin Minta Kemenkes Waspadai Varian Baru Omicron di India-China

Cak Imin Minta Kemenkes Waspadai Varian Baru Omicron di India-China
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewaspadai sub-varian dari India-China Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewaspadai sub-varian Omicron BA.2.75 di India dan sub-varian BA.5.3.1 atau Bad Ned di China yang terus berkembang di sejumlah negara.

"Kemenkes segera berkoordinasi dengan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) untuk mengetahui perkembangan sub-varian Omicron," kata pria yang akran disapa Cak Imin itu di Jakarta, Selasa (12/7).

Dia menilai, upaya kesiapsiagaan diperlukan agar bisa dilakukan langkah dan waktu yang tepat apabila harus kembali diberlakukannya pengetatan masuknya pelaku perjalananan luar negeri ke Indonesia.

Ketua Pertai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendorong Kemenkes segera menginformasikan kepada masyarakat mengenai sub-varian Omicron yang baru tersebut.

Hal itu bertujuan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan pemberitaan atau informasi yang belum valid.

"Hingga saat ini masih belum ditemukan kepastian dan keakuratan apakah sub-varian ini menyebabkan penyakit yang serius dibandingkan dengan sub-varian Omicron lainnya," ujar Cak Imin.

Menurut dia, dengan adanya temuan dua varian baru tersebut, pemerintah perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap keberadaan dua sub-varian Omicron itu.

Meskipun, kata dia, sub-varian tersebut belum ditemukan di wilayah Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewaspadai sub-varian dari India-China

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News