Cak Imin: PKB Siap Memfasilitasi Hak Politik Disabilitas

Cak Imin: PKB Siap Memfasilitasi Hak Politik Disabilitas
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar memastikan pintu partainya terbuka lebar untuk penyandang disabilitas.

Dia menyatakan bahwa hak politik adalah milik segenap bangsa, termasuk para difabel.

“Rekan-rekan penyandang disabilitas itu punya hak politik yang sama dan setara. Sama-sama warga negara yang dapat menorehkan prestasi dan berjuang untuk Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin, seusai diskusi PKB dengan tema Sudah Saatnya Difabel Menjadi Warga Kelas Satu, di kantor DPP PKB, Kamis (19/1).

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini menyatakan, PKB selama ini bukan saja memperjuangkan hak disabilitas, tetapi juga memfasilitasi mereka di jalur politik.

“PKB siap memfasilitasi hak politik disabilitas, saya sudah perintahkan kepada pengurus untuk mempermudah pendaftaran caleg untuk mereka. Ya, karena yang tahu betul apa kebutuhan dan hak penyandang disabilitas, ya, mereka. Kami harus menjembataninya,” tutur Cak Imin.

Sementara itu, Jubir Milenial PKB Didiet Fitrah mengatakan partainya saat ini membuka pendaftaran calon legislatif untuk penyandang disabilitas pada Pemilu 2024.

"Ini merupakan inisiator Cak Imin dan kaum disabilitas ini tidak hanya subjek politik. PKB juga terbuka untuk kaum disabilitas mendaftar sebagai calon legislatif," kata Didiet.

Didiet mengaku belum mendata ulang jumlah difabel yang sudah mendaftar sebagai caleg 2024 dari PKB. Hal itu masih dikalkulasi.

PKB juga terbuka untuk kaum disabilitas mendaftar sebagai calon legislatif pada Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News