Caleg Tak Perlu Dana Besar

Caleg Tak Perlu Dana Besar
Caleg Tak Perlu Dana Besar
JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi menerangkan dengan sistem pemilu langsung seperti sekarang tidak harus seorang calon anggota legislatif (caleg) mengeluarkan dana yang besar untuk kampanye.

Menurut Viva, seseorang mengeluarkan banyak dana untuk kampanye karena tidak mau bekerja keras mendekati konstituen. Mereka memposisikan rakyat pemilih sebagai barang yang bisa dibeli dengan uang.

"Kaum instan ini tidak memiliki kedekatan ideologis dengan pemilih karena pola yang transaksional ini. Kaum instan ini berperan penting sebagai agen yang merusak demokrasi di Indonesia," ujar Viva saat dihubungi wartawan, Selasa (23/4).

Sementara itu Viva menerangkan, dana kampanye akan murah jika para caleg atau calon kepala pemerintah daerah intens turun dan menyapa rakyat, melakukan komunikasi secara dialogis dan menyerap aspirasi rakyat untuk diperjuangkan menjadi program-program.

JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi menerangkan dengan sistem pemilu langsung seperti sekarang tidak harus seorang calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News