Calon Kades Diduga Lakukan Ritual Aneh Demi Menangi Pilkades

Calon Kades Diduga Lakukan Ritual Aneh Demi Menangi Pilkades
Barang bukti uang receh yang ditebar di jalan dan di pekarangan rumah warga. Foto: sumeks.co

jpnn.com, OGAN ILIR - Banyak cara yang ditempuh Calon Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, untuk memenangi kompetisi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Bahkan, beberapa di antara calon kades sampai ada yang rela melakukan ritual aneh. Seperti yang diduga dilakukan salah satu calon Kades di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir.

Jutaan uang receh dengan kepingan Rp500-an dan Rp1000-an, ditemukan warga setempat hampir di sekeliling kampung, Rabu (20/11) subuh.

Diduga, penaburan uang receh ini dilakukan sang calon pada malam hari ketika warga sedang terlelap.

Menurut pengakuan salah seorang warga Desa Tanjung Atap yang enggan disebutkan namanya, peristiwa seperti ini juga sudah pernah terjadi pada Pilkades periode sebelumnya. Dan disinyalir, calon Kades yang menggunakan ritual ini memenangi kompetisi Pilkades pada saat itu.

“Kalau di kami namanya Kesanian. Pada saat ditemukan uang recehan tersebut sudah dilumuri ramuan berwarna kuning seperti warna kunyit,” ungkap pria ini.

Ditambahkan dia, penemuan uang recehan ini tak hanya terjadi di depan rumah warga melainkan juga di jalan-jalan.

Sontak saja, ketika ada warga yang lewat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa langsung berebut memungut uang tersebut.(ety)

Banyak cara yang ditempuh Calon Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, untuk memenangi kompetisi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News