Calon Komisioner KPI: Batasi Pemilik Tampil diTelevisi

Calon Komisioner KPI: Batasi Pemilik Tampil diTelevisi
Calon Komisioner KPI: Batasi Pemilik Tampil diTelevisi

jpnn.com - JAKARTA - Hampir semua negara di kawasan Asean melarang para pemilik televisi dan radio swasta untuk tampil leluasa di stasiun televisi yang dimilikinya. Larangan tersebut berlaku sangat ketat dan diawasi setiap saat oleh komisi penyiaran atau pemerintah setempat.

Hal tersebut dikatakan calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Sudjarwanto Rahmat Muh Arifin saat menjalani fit and proper test, menjawab pertanyaan anggota Komisi I DPR, Elnino M Husein Mohi, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (19/7).

"Di banyak negara kawasan Asean, pemilik televisi swasta tidak boleh leluasa mengisi ruang publik melalui stasiun televisi miliknya," kata Sudjarwanto.

Aturan tersebut lanjutnya, sangat ketat dan diawasi oleh komisi penyiaran, pemerintah dan publik setempat secara terbuka.

"Kalau terjadi pelanggaran, harus ada sanksi, misalnya denda hingga sampai pencabutan izin frekuensi oleh pemerintah. Larangan dan sanksi tersebut patut dicontoh Indonesia," ungkapnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Hampir semua negara di kawasan Asean melarang para pemilik televisi dan radio swasta untuk tampil leluasa di stasiun televisi yang dimilikinya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News