Calon Sekda Tiga Provinsi Jalani Uji Kelayakan

Calon Sekda Tiga Provinsi Jalani Uji Kelayakan
Calon Sekda Tiga Provinsi Jalani Uji Kelayakan
JAKARTA -- Para kandidat sekretaris daerah (sekda) di tiga provinsi kemarin menjalani fit and proper test di kantor kemendagri, Jakarta. Ketiga provinsi itu adalah Sumut, Sumbar, dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Masing-masing ada tiga kandidat untuk setiap provinsi.

Para kandidat secara bergantian diuji oleh lima pejabat tinggi kemendagri, yakni Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni selaku ketua tim, Dirjen Otda Kemendagri Djohermansyah Djohan, Dirjen Kesbangpol Kemendagri Tanribali Lamo, Kabandiklat Kemendagri Tarmizi Taher, dan Irjen Maliki Heru Santosa.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen)/Jubir Kemendagri, Roydonnyzar Moenek menjelaskan, fit and proper test digelar untuk menampung usulan gubernur terkait penetapan pejabat sekda. Proses sesuai amanat Permendagri Nomor 5 Tahun 2005 tentang tata cara dan mekanisme pengangkatan sekda.

Fit and proper test, lanjut Reydonnyzar, juga untuk mengkaji tiga kandidt dilihat dari kelayakan jenjang kepangkatan, pengalaman jabatan, pendidikan fungsional dan struktural, visi misi, serta kesetiaan dan loyalitas kepada NKRI.

JAKARTA -- Para kandidat sekretaris daerah (sekda) di tiga provinsi kemarin menjalani fit and proper test di kantor kemendagri, Jakarta. Ketiga provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News