Camkan Ini, Polisi Punya Cara Jitu Mendeteksi Pelat Palsu

Camkan Ini, Polisi Punya Cara Jitu Mendeteksi Pelat Palsu
LABRAK POLANTAS: Seorang ibu marah karena ditilang anggota Satlantas Polresta Denpasar. Foto: Istimewa for Bali Express

jpnn.com, JAKARTA - Untuk bisa mengelabui petugas, pengendara biasanya memasang nomor pelat palsu di kendaraan saat di kawasan ganjil genap. Dengan begitu, pengendara tetap bisa melintas meski nomor pelatnya tak sesuai dengan tanggal.

Namun, tak sedikit pengendara yang ditangkap karena hal itu. Kepolisian tetap bisa mengetahui nomor pelat palsu meski bentuknya sama persis.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benjamin mengatakan, anggota di lapangan tidak ada alat khusus untuk mengetahui apakah pelat nomor yang digunakan palsu atau asli.

Pasalnya, anggota di lapangan sudah hafal dengan nomor polisi sesuai peruntukannya bagi kendaraan apa saja. Dengan begitu, pihaknya bisa membedakan mana pelat nomor palsu dan mana yang asli.

“Kami tak perlu alat khusus, tapi tahu peruntukannya,” kata dia, Jumat (3/8).

Dia pun membantah kabar polisi mendeteksi pelat nomor palsu dengan cara menebak. "Salah lah (menebak) kan penomeran itu ada kode-kode tertentu," ujar dia. (cuy/jpnn)


Untuk bisa mengelabui petugas, pengendara biasanya memasang pelat nomor palsu di kendaraan saat di kawasan ganjil genap. Namun, cara itu tidak akan berhasil


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News