JPNN.com

Canggih, Daerah Otonom Uighur Gunakan Robot untuk Menginspeksi Jaringan Listrik

Senin, 23 November 2020 – 23:59 WIB
Canggih, Daerah Otonom Uighur Gunakan Robot untuk Menginspeksi Jaringan Listrik - JPNN.com
Robot yang digunakan pemerintah Daerah Otonom Uighur Xinjiang untuk menginspeksi jaringan listrik bawah tanah. Foto: chinadaily.com.cn

jpnn.com, URUMQI - Daerah Otonom Uighur Xinjiang di Tiongkok barat laut mengerahkan sebuah robot inspeksi di gardu induk setempat guna memantau dan memeriksa jaringan listrik bawah tanahnya.

Robot itu dikerahkan di sebuah gardu induk di Urumqi, ibu kota daerah otonom tersebut, pada Jumat (20/11).

Bergerak di sepanjang trek dan dilengkapi dengan kamera berdefinisi tinggi dan kamera inframerah, robot itu dapat mengirim video kondisi jaringan listrik secara real-time kepada petugas inspeksi, menurut Zhou Shuqiang dari perusahaan listrik milik negara State Grid cabang Urumqi.

Robot tersebut juga dapat mengidentifikasi risiko keselamatan melalui sensor pendeteksi suhu, kelembapan, serta konsentrasi gas yang beracun dan mudah terbakar.

Zhou mengatakan mereka sebelumnya mengirim dua atau tiga staf setiap 15 hari untuk memeriksa jaringan listrik tersebut, yang memakan waktu dan tenaga serta membuat para petugas inspeksi rentan terhadap risiko seperti kebakaran dan keracunan gas.

"Robot ini mengurangi risiko dan menghemat waktu, karena 25 kali lebih efisien dibandingkan petugas inspeksi manusia," ujar Zhou.

Dirinya berharap robot inspeksi itu juga dapat digunakan pada jaringan komunikasi dan gas alam bawah tanah di Xinjiang. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Sumber Xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil