Capres dan Timses Dinilai Tidak Paham Demografi

Capres dan Timses Dinilai Tidak Paham Demografi
Capres dan Timses Dinilai Tidak Paham Demografi

jpnn.com - JAKARTA - Pakar demografi dari Universitas Indonesia (UI), Dr Sonny Harry B Harmadi menyatakan sudah membaca visi dan misi dua pasang calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Saya sudah baca visi, misi dan program kedua pasang calon presiden. Secara substansi, memang belum memperlihatkan sinkronisasi antara yang dinyatakannya ketika kampanye di tengah-tengah rakyat dengan visi misinya itu," kata Sonny Harry B Harmadi, saat diskusi, di Jakarta, Minggu (8/6).

Belum sinkronnya antara visi dan misi kedua pasang capres lanjutnya, bukti bahwa keterlibatan para kandidat capres-cawapres dalam merumuskan visi dan misi itu sangat minim.

"Dokumen itu lebih kuat memberi kesan bahwa itu adalah hasil kerja tim sukses yang belum didiskusikan dengan para kandidat," tegasnya.

Selain itu, Harmadi juga mempertanyakan nyaris tidak adanya masalah demografi dalam visi dan misi tersebut.

"Tema bonus demografi kok tidak di dalami oleh para capres. Jangan-jangan para capres termasuk para tim sukses tidak paham soal demografi," ujarnya.

Karena itu, mumpung masih ada waktu dia menyarankan timses kedua pasang capres memperkaya visi dan misi presiden dengan demografi sebelum resmi menjadi pedoman penyusunan RPJM nantinya.

"Menurut saya, memasukkan isu demografi dalam visi misinya belum terlambat karena dokumen tersebut belum resmi jadi pedoman penyusunan RPJM. Dalam menyusun hendaknya pahami betul kebutuhan bangsa ini lima tahun ke depan," sarannya.

JAKARTA - Pakar demografi dari Universitas Indonesia (UI), Dr Sonny Harry B Harmadi menyatakan sudah membaca visi dan misi dua pasang calon presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News