Cara Jitu Capim KPK Firli Bahuri Berantas Korupsi

Cara Jitu Capim KPK Firli Bahuri Berantas Korupsi
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolda Sumatera Selatan Firli Bahuri mengaku sudah memiliki banyak terobosan untuk membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lebih baik jika dirinya terpilih sebagai salah satu pimpinan.

Dia menjelaskan, selama ini pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK hanya dengan penindakan melalui upaya operasi tangkap tangan (OTT).

“Menurut saya, hal tersebut tidak cukup. Harus dilakukan secara integrasi, menyeluruh dan upaya-upaya pencegahan. Selain itu, perlu sekali dilakukan monitoring atas pelaksanaan program pemerintah,” terangnya, Senin (2/9).

BACA JUGA: Polemik Proses Seleksi dan Kriteria Capim KPK Harus Segera Dihentikan

Dia menambahkan, selain upaya-upaya tersebut, ada satu upaya yang saat ini belum dilakukan oleh KPK sekarang, yakni melakukan upaya mitigasi.

Menurutnya, upaya ini merupakan leading sector dalam upaya pencegahan korupsi bersama pemerintah.

Filri menambahkan, KPK harus hadir di garda terdepan dalam pendampingan program pemerintah.

“KPK harus menjadi mitra pemerintah sejak penyusunan program perencanaan pembangunan, penyusunan RPNJP, RPJMN dan penyusunan RKP bersama pemerintah,” tambahnya.

Kapolda Sumatera Selatan Firli Bahuri mengaku sudah memiliki banyak terobosan untuk membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lebih baik jika dirinya terpilih sebagai salah satu pimpinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News