Selasa, 20 Agustus 2019 – 10:01 WIB

Cara Kementan Majukan Pertanian Bangka Selatan

Kamis, 08 Agustus 2019 – 07:15 WIB
Cara Kementan Majukan Pertanian Bangka Selatan    - JPNN.COM

jpnn.com, BANGKA SELATAN - Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung rencana pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan produk unggulan pedesaan (prukades) tanaman padi di KPB Desa Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami akan membantu prasarana dan sarana yang bisa difasilitasi oleh Kementerian Pertanian. Misalnya, benih, pupuk termasuk perbaikan saluran irigasi pertanian yang rusak," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Mulyadi Hendiawan di Toboali, Selasa (6/8).

Tidak hanya Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Jawa Barat menyatakan siap memberikan dukungan berupa teknologi pertanian guna mempercepat proses pengembangan kawasan pertanian di Bangka Belitung, khususnya Bangka Selatan.

BACA JUGA: Genjot Produksi Pertanian Lahat, Kementan Kembali Beri Bantuan Alsintan

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Sukamandi, Subang, Jabar, Priyatna Sasmita mengatakan melihat kondisi struktur tanah di Bangka Selatan, maka untuk melakukan pengembangan kawasan tersebut membutuhkan inovasi dan teknologi yang adaktif dengan kondisi lahan yang ada.

"Untuk mengembangkan Prukades tanaman padi kami menawarkan teknologi berupa bibit varietas unggul padi yang adaktif dengan kondisi lahan," katanya.

Menurut dia, lahan yang ada di bangka selatan banyak berupa rawa, maka akan sangat adaktif apabila menggunakan varietas padi unggul jenis Inpara, maka hasil produksinya pun akan sangat efektif.

"Jika menggunakan varietas padi unggul Inbrida maka potensi produksinya tinggi karena adaktif dengan kondisi lahan di sini. Namun jika petani di sini masih menggunakan padi lokal yang tidak bisa beradaptasi dengan kondisi lahan, maka produktivitas tidak bisa didongkrak," katanya. (adv/jpnn)

SHARES
TAGS   Kementan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar