Cara Mahasiswa FEB Uhamka Bangkitkan Ekonomi dan Pariwisata Lombok

Cara Mahasiswa FEB Uhamka Bangkitkan Ekonomi dan Pariwisata Lombok
Tiga mahasiswa FEB Uhamka dalam program KKNMAs 2021. Foto Humas Uhamka

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka punya cara sendiri membangkitkan ekonomi masyarakat Lombok.

Dalam Khafilah Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-Aisyiyah (KKNMAs), para mahasiswa melaksanakan berbagai program yang menyasar optimalisasi UMKM dan pemulihan sektor wisata akibat pandemi dan gempa Lombok 2018

Dekan FEB Uhamka Zulpahmi mengatakan KKNMAs 2021 berlangsung selama sebulan dari 14 Agustus sampai 14 September di Lombok Utara dan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

FEB Uhamka mengirim tiga mahasiswa dari berbagai program studi, yakni Fikri Hidayat (S1 Akuntansi), Yahya (S1 Manajemen) dan Thalita Salsabila (D3 Perpajakan).

"Dengan dilaksanakannya kegiatan KKNMAs, diharapkan ketiga mahasiswa yang terlibat aktif dapat bekerja sama dalam menjalankan program optimalisasi UMKM dan pemulihan sektor wisata di Lombok Utara pasca gempa 2018," tutur Zulpahmi dalam siaran pers Uhamka, Jumat (17/9) 

Beberapa program dari khafilah KKNMAs FEB Uhamka pada KKNMAs di antaranya digitalisasi UMKM, pengembangan pemasaran produk UMKM, olahan hasil pertanian dan pembangunan kembali objek wisata yang mengalami dampak akibat gempa Lombok.

Pada program UMKM Khafilah KKNMAs FEB UHAMKA melakukan sosialisasi digitalisasi pemasaran (berikut dengan risiko serta penggunaan dari masing-masing market place digital), pendampingan dan pelatihan cara pembuatan logo produk untuk UMKM.

Produk yang dihasilkan dalam program UMKM ini di antaranya madu Trigona, dan Triskate atau Trigona susu kacang mete (Triskate).

Mahasiswa FEB Uhamka membangkitkan ekonomi masyarakat Lombok dalam program Khafilah Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-Aisyiyah.