Cara Merawat Mobil Matik Biar Awet, Perhatian Bagian Ini, Penting!

Cara Merawat Mobil Matik Biar Awet, Perhatian Bagian Ini, Penting!
Ilustrasi mobil matik. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Belakang ini mobil bertransmisi automatik (matik) banyak diminati oleh banyak masyarakat karena memiliki kemudahan saat dikemudikan.

Namun, mobil tersebut perlu dirawat agar performanya bisa terjaga dengan baik.

Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana mengatakan pemilik mobil matik harus rajin untuk mengecek bagian oli transmisi.

Sebab, jika terjadi kebocoran pada komponen itu, maka akan berakibat fatal.

Dia menjelaskan tanda-tanda kebocoran pada komponen itu seperti ketika melakukan perpindahan tuas timbul suara kasar pada bagian transmisi.

"Saat ingin memindahkan tuas dari P ke D tiba-tiba muncul suara dan getaran, atau bahkan saat tuas transmisi dipindah dari N ke D, atau N ke R. Itu harus waspada terutama jika timbulnya suara ini secara terus menerus," kata Brahma Putra dalam keterangan resminya, Jumat (30/9).

Dia menjelaskan, kebocoran pada cairan transmisi jangan dianggap sepele.

Pasalnya, oli transmisi pada mobil matik sangat vital karena kendaraan itu tidak bisa bekerja dengan sempurna jika volumenya berkurang.

Mobil bertransmisi automatik (matik) banyak diminati oleh banyak masyarakat karena memiliki kemudahan saat dikemudikan. Namun, jangan diabaikan. Simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News