Cara Mudah Bikin Master Fiberglass

Cara Mudah Bikin Master Fiberglass
Cara Mudah Bikin Master Fiberglass. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Keberadaan fiberglass memang menjadi salah satu item yang cukup dibutuhkan dalam melakukan modifikasi motor khususnya dalam merubah atau menduplikat salah satu bodi menjadi seperti yang diinginkan.

Dan dalam menduplikat suatu item bodi dari bahan fiberglass diperlukan suatu master atau cetakan yang nantinya berfungsi untuk membentuk fiberglass tersebut.

Paling mudah menurut Lutfi ‘Gepeng’ modifikator asal Bojonegoro, dalam membuat master yaitu membuatnya dari bahan gypsum.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan bahan gypsum yang bisa dibeli di toko bangunan, kotak kardus, oil bekas dan item bodi yang akan diduplikat atau ditiru.

Tahap pertama yang musti dilakukan dalam proses pengerjaan adalah menyiapkan kotak kardus yang ukurannya lebih besar dari ukuran item bodi yang akan dibentuk, yang dilanjutkan dengan meletakkan item bodi di dalamnya dengan posisi tampilan model bodi menghadap ke atas.
    
Lalu lumuri model bodi dengan oli bekas yang dilanjutkan dengan menuangkan adonan gypsum (campur air) yang sedikit kental ke model bodi hingga seluruh model bodi tertutupi.

“Selama kurang lebih 1-2 jam, gypsum akan mengering dan model bodi pun bisa dilepas dari gypsum,” ungkap Lutfi.

Alhasil lubang gypsum yang sudah terbentuk seperti halnya model bodi itu sudah bisa dijadikan sebagai master dalam pembuatan bodi dari bahan fiberglass. Selamat mencoba !!! (kih/Ototrend/JPNN)

 


Keberadaan fiberglass memang menjadi salah satu item yang cukup dibutuhkan dalam melakukan modifikasi motor khususnya dalam merubah atau menduplikat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News