Cara Mudah Mengatasi Jet Lag

Cara Mudah Mengatasi Jet Lag
Cara Mudah Mengatasi Jet Lag

jpnn.com - KONDISI jet lag sering kali dialami oleh turis saat traveling. Perbedaan waktu yang cukup jauh menjadi pemicu utama mengapa jet lag bisa terjadi. Bagi anda traveler atau turis yang sering kali bepergian ke luar negeri untuk urusan bisnis, sering kali diserang oleh kondisi jet lag tentu akan sangat mengganggu. Apalagi saat anda dituntut untuk bertindak profesional dan tepat waktu.

Jet lag merupakan gangguan biorhythmic jam tubuh yang berarti rutinitas tubuh yang biasanya memiliki jam-jam tertentu untuk makan ataupun tidur menjadi terganggu. Kondisi seperti ini biasanya banyak dialami oleh seseorang yang melakukan perjalanan dari satu zona waktu ke zona lain dengan waktu yang jauh berbeda. Kondisi seperti ini bisa saja mengganggu dan membuat para penderitanya merasa begitu lelah.

Untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru tubuh membutuhkan waktu. Kondisi jet lag biasanya banyak menyerang orang-orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan perbedaan zona waktu yang amat jauh dari tempat asalnya.

Berikut cara mudah mengatasi jet lag.

1. Biasakan diri.
"Beberapa hari sebelum anda melakukan penerbangan, secara bertahap latihlah diri anda dengan mengubah waktu tidur dan waktu makan anda berdasarkan waktu daerah yang anda tuju. Maka setelah anda tiba pada daerah tujuan wisata, anda dapat mengadopsi keseharian anda dengan waktu setempat," kata ahli travel, Margarita Rohr, MD, seperti dilansir laman Women's Health Magazine, Minggu (7/9).

2. Ubah jam tangan anda saat akan terbang disesuaikan dengan waktu tempat tujuan.

3. Tambah cairan tubuh anda.
Saat melakukan perjalanan dengan pesawat, terutama perjalanan panjang orang bisa saja mengalami dehidrasi. Kondisi seperti ini bisa dipicu karena factor pengeringan udara, ketinggian dan pendingin udara saat berada pesawat. Sedangkan dehidrasi dapat memicu stress dan membuat seseorang mengalami jet lag lebih besar atau bahkan lebih parah.

Untuk itu minumlah banyak air sebelum dan setelah berpergian untuk cegah dehidrasi. Ketika tubuh terhidrasi, maka anda akan terhindar dari stress selama perjalanan. Selain itu, saat pasokan cairan dalam tubuh tercukupi hal ini akan mempermudah proses menyesuaikan diri di zona waktu baru.

KONDISI jet lag sering kali dialami oleh turis saat traveling. Perbedaan waktu yang cukup jauh menjadi pemicu utama mengapa jet lag bisa terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News