Ikhtiar Shell Indonesia Siapkan Generasi Muda Sambut Revolusi Industri 4.0

Ikhtiar Shell Indonesia Siapkan Generasi Muda Sambut Revolusi Industri 4.0
Final kompetisi “Think Efficiency 2019” inisiasi Shell Lubricant. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan Ke-74 RI dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada tanggal 10 Agustus, Shell Lubricants menggelar seminar bertajuk “Inovasi untuk Negeri” dan acara final kompetisi “Think Efficiency 2019”.

Acara terselenggara hasil kerja sama Shell Lubricants Indonesia dengan Energy Academy Indonesia (Ecadin). Acara ini juga merupakan wujud komitmen Shell dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi di Indonesia.

“Kami memahami pentingnya riset dan inovasi teknologi untuk menghadapi dunia yang terus berkembang dan tantangan energi di masa depan. Inovasi berkelanjutan juga merupakan prioritas kami di Shell dan kami telah melakukan berbagai terobosan serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mencari ide, solusi dan inovasi teknologi sejalan dengan semangat Revolusi Industri 4.0,” jelas Direktur Pelumas PT Shell Indonesia, Dian Andyasuri, di Jakarta, Selasa (20/8).

Seminar “Inovasi untuk Negeri” yang dihadiri tak kurang dari 100 peserta, membahas berbagai isu menarik seputar energi dan tribologi (ilmu mengenai gesekan, keausan dan pelumasan yang berkontribusi terhadap efisiensi energi). Seminar ini juga membahas berbagai tantangan dan gagasan serta kebijakan terkait masa depan energi, yang disampaikan oleh para narasumber yang menjadi pakar di bidangnya.

Prof. Ainun Naim dalam paparannya mengatakan, “Sejalan dengan semangat perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun ini, kami melihat Think Efficiency sebagai katalisator invensi dan inovasi dalam menyiapkan generasi unggul untuk Indonesia maju.”

Adapun Deendarlianto pada kesempatan yang sama menguraikan materi ketahanan energi nasional. Ia menjelaskan konsep Center of Excellence (COE) sebagai sebuah ide untuk menghadapi tantangan energi masa depan. Menurutnya, target Energi Baru dan Terbarukan (EBT) pada tahun 2025 sangat tinggi yaitu 23 persen.

“Untuk menghadapi tantangan tersebut, COE (Center of Excellence) yang berfungsi memfasilitasi, memimpin, memberikan dukungan dan/atau pelatihan kepada masing-masing area fokus menjadi kunci dalam melahirkan inovasi melalui riset-riset unggulan yang terintegrasi," tambahnya.

Sejak tahun 2018, Shell bekerja sama dengan Energy Academy Indonesia (Ecadin) menggelar ajang kompetisi ide inovasi “Think Efficiency”. Kompetisi berhadiah total Rp 150 juta ini merupakan bentuk kontribusi Shell untuk Indonesia dalam mendorong lahirnya inovator masa depan untuk mencari solusi atas tantangan dunia di bidang energi.

Dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan Ke-74 RI dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada tanggal 10 Agustus, Shell Lubricants menggelar seminar bertajuk “Inovasi untuk Negeri” dan acara final kompetisi “Think Efficiency 2019”.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News