Sabtu, 20 Juli 2019 – 22:47 WIB

Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Usai Lebaran

Senin, 10 Juni 2019 – 09:51 WIB
Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Usai Lebaran - JPNN.COM

jpnn.com - Lebaran sangat identik dengan makanan seperti ketupat, opor ayam, rendang, aneka gulai, dan sambal goreng kentang. Padahal, itu semua makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan bisa memicu tekanan darah tinggi. Biasanya penderita kedua penyakit tersebut sudah menyiapkan obat untuk mengantisipasi kekambuhan.

Siapa pun pasti tergiur dengan aneka makanan yang disajikan selama Lebaran. Ditambah dengan es buah, es cendol, serta berbagai macam kue kering, tentu beragam makanan tersebut sayang untuk dilewatkan.

Namun, jenis-jenis makanan yang disebutkan di atas mengandung kalori, kolesterol, dan gula yang tinggi. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari KlikDokter, makanan berkolesterol tinggi yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

"Pada akhirnya penumpukan plak akan membuat pembuluh darah mengeras dan kaku. Aliran darah pun akan terganggu, sedangkan tubuh tetap berusaha untuk mengalirkan darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi," ujar dokter yang akrab disapa dr. Jesslyn tersebut.

Darah tinggi bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius. Penderitanya bisa mengalami perubahan struktur jantung dan penebalan dinding jantung. Jika kondisi ini terus terjadi, maka dalam jangka waktu tertentu fungsi jantung pun dapat menurun. Lalu, bisakah kondisi ini diatasi tanpa obat?

Menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

Jika akhirnya Anda mengidap masalah tekanan darah tinggi, obat dianggap jalan satu-satunya untuk mengatasinya. Namun, ada cara terbaru untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tanpa menggunakan obat. Cara ini disebut dengan Gaya Hidup NEWSTART.

Metode tersebut dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh M. Alfredo Mejia, seorang profesor dari Department of Public Health, Nutrition & Wellness Andrews University di Michigan, Amerika Serikat.

Sumber : KlIkdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar