Cara Unik Google Merayakan Tahun Kabisat

Cara Unik Google Merayakan Tahun Kabisat
Ilustrasi. FOTO: google.com

jpnn.com - JAKARTA – Tahun ini adalah tahun kabisat. Buktinya, hari Senin, adalah tanggal 29 Februari. Karena hanya terjadi empat tahun sekali, Google Doodle pun menampilkan animasi gambar bergerak yang menarik. Gambar berupa seekor kelinci yang bertuliskan angka 29 (Februari) melompat “leap” masuk ditengah dua ekor kelinci bertuliskan angka 28 (Februari) dan angka 1 (Maret). Ya, itu adalah cara Google memperingati Tahun Kabisat 2016.

Tahun Kabisat 2016 diperingati Google, karena penanggalan Februari biasanya hanya sampai 28 hari saja. Namun tahun ini, ada tanggal 29 Februari. Ini berarti, dengan bertambahnya satu hari pada Februari tahun ini maka akan berpengaruh terhadap jumlah hari dalam satu tahun dimana kalau bukan tahun Kabisat.

Saat itu, mereka kebingungan soal penanggalan yang tidak tepat di mana bumi membutuhkan waktu yang tidak tepat 365 hari untuk mengelilingi matahari. Sebenarnya, bumi butuh waktu 365-seperempat hari.

Nah, tahun 2016 merupakan tahun Kabisat, karena jumlah hari dalam 1 tahun ini menjadi 366 hari. Di tahun ini pula, bagi yang lahir tanggal 29 Februari bisa merayakan hari ulang tahunnya. Karena tanggal 29 pada Februari hanya terjadi empat tahun sekali, makanya tahun ini menjadi tahun spesial bagi yang lahir di tanggal ini. (lya/ps/mas)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News