JPNN.com

Cari Pasien Pertama COVID-19, WHO Kirim Tim ke Tiongkok

Kamis, 09 Juli 2020 – 18:45 WIB
Cari Pasien Pertama COVID-19, WHO Kirim Tim ke Tiongkok - JPNN.com
Petugas medis melakukan perawatan terhadap sejumlah pasien terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, Tiongkok, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di medsos. Foto: ANTARA FOTO/Reuters/ama.

Pekan ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengirim tim ke China untuk menyelidiki asal-usul virus corona. Langkah ini menjadi tantangan bagi China untuk berdalih jika COVID-19 berasal dari negara lain.

Seperti delegasi WHO yang sebelumnya datang ke Cina, misi kali ini juga diselimuti kerahasiaan.

Baik WHO maupun Pemerintah China pekan lalu membenarkan rencana kedatangan misi ini. Namun WHO yang dihubungi ABC tidak bersedia memberikan rincian begitu pula Kementerian Luar Negeri China.

WHO telah meminta akses ke China sejak Mei lalu. Saat itu, seorang pejabat WHO menyebutkan tujuannya untuk mengetahui "apa yang terjadi di awal sehubungan dengan paparan virus dari hewan yang berbeda". Cari Pasien Pertama COVID-19, WHO Kirim Tim ke Tiongkok Photo: Pihak berwenang di Beijing menyatakan tipe virus corona yang belakangan mewabah di kota ini berasal dari luar negeri. (AP: Andy Wong)

 

Namun sejumlah pakar meragukan hal itu bisa dilakukan.

"Mereka tidak akan menemukan pasien pertama," ujar John Nicholls, pakar patologi di Universitas Hong Kong.

"Situasi ini sudah terlambat enam bulan. Mungkin ada peluang untuk menemukannya pada awal Desember."

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1