Cari Simpati, Politikus Berlomba-lomba Bantu Korban Gempa

Cari Simpati, Politikus Berlomba-lomba Bantu Korban Gempa
Kerusakan akibat gempa bumi di Meksiko. Foto: NBC

jpnn.com, MEXICO CITY - Dua di antara tiga puluh apartemen di kompleks Girasoles, Mexico City, rata dengan tanah akibat gempa bumi 7,1 skala Richter (SR) pada Selasa (19/9). Papan yang tertancap di reruntuhan bangunan menerangkan bahwa 14 penghuni apartemen tewas di lokasi tersebut.

Kemarin, Jumat (22/9), pemerintah Meksiko memberikan kesempatan kepada para korban selamat untuk pulang dan mengambil barang berharga masing-masing.

Kendati hanya 20 menit, Vladimir Estrada memanfaatkan kesempatan untuk kembali ke tempat tinggalnya itu dengan sangat baik.

Pria 39 tahun yang bekerja sebagai programer radio musik di ibu kota Meksiko tersebut langsung mengemas semua barang berharga yang tersisa di apartemennya di lantai 5.

Setelah 20 menit berlalu, dia kembali ke bawah dengan sejumlah kantong plastik yang berisi barang berharga.

”Gedung ini sudah rusak parah. Ia bergoyang. Semuanya bergoyang. Anda bisa lihat sendiri, kan? Itu bukan saya yang gemetar, melainkan gedung ini,” kata Estrada saat diwawancarai Reuters.

Parahnya lagi, menurut dia, tidak ada penghuni gedung yang mengasuransikan apartemen dan harta mereka. Karena itu, meski luput dari maut, mereka tak tahu harus berbuat apa. Sebab, mereka tidak punya apa-apa lagi sekarang.

”Para penghuni gedung yang punya saudara di Mexico City bisa tinggal sementara di rumah saudaranya. Tapi, bagaimana kami yang tidak punya siapa-siapa lagi?” ucap dia.

Calon presiden Andres Manuel Lopez Obrador berjanji menyumbangkan 20 persen dana kampanye nasional untuk para korban

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News