Cashless Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan saat Mudik

Cashless Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan saat Mudik
Arus mudik dengan kendaraan pribadi dan umum. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan digitalisasi kini menjadi hal yang lumrah bagi semua sektor, termasuk sektor transportasi.

Di era digitalisasi seperti saat ini, membuat masyarakat harus bisa merubah kebiasaan menuju suatu yang lebih efisien, lebih mudah, atau lebih simple.

"Bicara digitalisasi, kita harus bersyukur ketika pandemi melanda negara kita dan global memberikan hikmah berupa dorongan bertransformasi secara digital, mulai dari membeli tiket hingga melakukan check-in saat perjalanan," ujar Adita dalam webinar bertema Mudik Aman dan Nyaman dengan Cashless pada Senin (17/4).

Cashless memberikan lebih banyak tranparansi, bisa menghindari pungutan liar, dan dari sisi pengguna lebih efisien. lebih simple, sehingga memberi kenyamanan dalam perjalanan mudik.

"Cashless membantu mudik lebih lancar. Pembayaran non tunai bisa menguaraikan kepadatan di simpul-simpul transportasi, seperti di bandara dan pelabuhan.i pelabuhan. Pembayaran yang menggunakan cashless memudahkan dalam mudik, termasuk di rest area, dan diharapkan pihak operator telekomunikasi bisa mendukung dalam penerapan cashless saat mudik," papar Adita.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suharto menjelaskan untuk tahun ini terkait mudik gratis pihaknya mencoba untuk menyajikan aplikasi Mitra Darat untuk pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan mudik gratis.

"Kami sudah koordinasi dengan Dishub DKI Jakarata dan yang lainnya. Sehingga dengan adanya aplikasi Mitra Darat ini kami sudah bisa mengetahui siapa saja  hanya sekedar iseng-iseng mendaftar mudik gratis," kata Suharto.

Suharto juga menegaskan sekaligus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembelian tiket secara langsung atau go-show.

Di era digitalisasi seperti saat ini, membuat masyarakat harus bisa merubah kebiasaan menuju suatu yang lebih efisien, lebih mudah, atau lebih simple.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News