Casillas Jadikan Buffon Panutan

Casillas Jadikan Buffon Panutan
Kapten Italia, Gianluigi Buffon bersama Iker Casillas. Foto: Getty Images
FINAL Euro 2012 menghadirkan sisi menarik dari sosok kapten para finalis. Yakni, sama-sama berposisi sebagai kiper, masing-masing Iker Casillas (Spanyol) dan Gianluigi Buffon (Italia). Sampai sekarang, masih menjadi perdebatan siapa di antara mereka yang layak disebut kiper terbaik dunia.

Di Euro 2012, keduanya sama-sama kebobolan satu gol saat berhadapan di fase grup (10/6). Setelah itu, Casillas tak pernah lagi kebobolan dalam empat laga. Sedangkan Buffon secara keseluruhan sudah kebobolan tiga gol. Tapi, kiper Juventus itu juga melakukan banyak penyelamatan gemilang, khususnya ketika lawan Jerman di semifinal.

 

Baik Casillas maupun Buffon pun sama-sama lulus menjalani adu penalti. Dalam semifinal kontra Portugal, Casillas menepis tendangan Joao Moutinho. Sedangkan Buffon menggagakan sepakan bek kiri Inggris Ashley Cole di perempat final.

Keduanya juga pernah beradu hebat dalam adu penalti di perempat final Euro 2008. Kala itu, Spanyol menang adu penalti 4-2 dengan Casillas menggagalkan dua penalti lawan, masing-masing Antonio Di Natale dan Daniele De Rossi. Sedangkan Buffon hanya mampu mengagalkan eksekusi Daniel Guiza.

 

FINAL Euro 2012 menghadirkan sisi menarik dari sosok kapten para finalis. Yakni, sama-sama berposisi sebagai kiper, masing-masing Iker Casillas (Spanyol)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News