Casillas Sulit Rebut Ballon d'Or

Casillas Sulit Rebut Ballon d'Or
Kiper FC Porto, Iker Casillas (kiri) latihan bersama timnya. Foto: AFP
DUKUNGAN untuk Iker Casillas meraih predikat pemain terbaik dunia 2012 (Ballon d'Or) tidak pernah sepi. Rekan Casillas di Real Madrid, Raul Albiol, salah satunya. Tapi, Albiol juga mengeluarkan tudingan adanya pihak-pihak tertentu yang tidak menginginkan Casillas meraih predikat individu tertinggi dalam dunia sepak bola itu.

"Setelah menjadi kiper nomor satu (dunia) selama bertahun-tahun, banyak orang yang ingin merusaknya lewat kritik-kritik yang tidak obyektif. Iker (Casillas) telah membuktikan sebagai yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir dan masih terjaga hingga kini," kata Albiol kepada Marca.

"Meski ada yang berusaha menggesernya dari tempat utama, dia tidak pernah khawatir. Casillas masih muda untuk ukuran penjaga gawang," sambung defender 27 tahun itu.

Tidak diungkapkan oleh Albiol siapa pihak yang ingin menjegal Casillas. Tapi, jika menilik situasi belakangan ini, bisa jadi media-media Spanyol yang menjadi sasaran Albiol.

Ketika Spanyol ditahan 1-1 Prancis di kualifikasi Piala Dunia 2014 (16/10) misalnya. Casillas ditulis media Spanyol bertanggung jawab atas lahirnya gol balasan striker Prancis Olivier Giroud di masa injury time. Sebelum laga, "Sant Iker" " julukan Casillas, juga dikritik karena mengenakan kaos bertuliskan "France" saat datang ke tempat latihan.

Jika menilik daftar pemain terbaik dunia sejak 1991, memang belum pernah ada pemenang yang berposisi kiper. Eks penjaga gawang Jerman Oliver Khan yang masuk nomine akhir pada 2002 juga hanya finis runner-up di bawah striker Brasil Ronaldo.

Untuk tahun ini, nomine akhir disebut tidak akan banyak berubah dengan nomine pemain terbaik Eropa. Di antaranya dihuni Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres Iniesta. "Kiper seharusnya memiliki kesempatan yang sama dengan pemain di posisi lainnya," tandas Albiol. (dns)

DUKUNGAN untuk Iker Casillas meraih predikat pemain terbaik dunia 2012 (Ballon d


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News