Catat! Jokowi Tegaskan Pembangunan IKN Tak Pakai Utang

Catat! Jokowi Tegaskan Pembangunan IKN Tak Pakai Utang
Presiden Jokowi. Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan skema investasi yang ditawarkan ke investor dunia dalam pembangunan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, tidak akan menggunakan duit utangan.

“Tidak pinjaman, tidak ada government guarantee. Semua kerja sama," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga memastikan khusus pembangunan klaster pemerintahan di mana istana dan kantor kementerian dan lembaga negara akan berdiri, semua ditanggung oleh APBN.

“Klaster pemerintahan yang 100 persen akan dibangun APBN," tegas suami Iriana itu.

Selain itu, ada banyak lagi klaster-klaster lainnya. Mulai kesehatan berupa rumah sakit, pendidikan ada SD, SMP, SMA sampai universitas yang berkelas dunia semua.

Untuk kaum milenial, Jokowi menyebut akan dibangunkan klaster inovasi di mana talenta-talenta muda akan berkumpul dan melakukan riset dan inovasi untuk kemajuan negara.

“Kemudian ada klaster hiburan, terakhir ada klaster financial center," ucap Jokowi.(fat/jpnn)

Jokowi memastikan khusus pembangunan klaster pemerintahan di mana istana dan kantor kementerian dan lembaga negara akan berdiri, semua ditanggung oleh APBN.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News