Catat, Kemenag Siapkan Naskah Khotbah Jumat Mulai Januari 2021

Catat, Kemenag Siapkan Naskah Khotbah Jumat Mulai Januari 2021
Jemaah salat Jumat di Masjid Istiqlal. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) berencana menyusun naskah untuk materi khotbah Jumat.

Menurut Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin, penyusunan naskah khotbah bertujuan meningkatkan kualitas literasi agama yang mencerahkan umat.

Selain itu, rencana tersebut juga untuk mengapitalisasi potensi pencerahan dari materi khutbah Jumat.

"Masjid itu ibarat pesantren raksasa. Jumlah orang yang hadir salat di masjid setiap Jumat di Indonesia bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta dan mereka mendengar khotbah Jumat," kata Kamaruddin, Selasa (24/11). 

Kamaruddin menambahka, potensi itu sangat sayang jika tak dimaksimalkan. Sebab, khotbah Jumat merupakan media strategis dan sangat kuat untuk mencerahkan umat. 

Lebih lanjut Kamaruddin mengatakan, dinamika sosial keagamaan di Indonesia cukup intens dan mengalami perubahan serta perkembangan yang sangat cepat. Agama sebagai tuntunan, katanya, harus terus memberikan pencerahan dan berkontribusi dalam merespon pelbagai persoalan di masyarakat.

Oleh karena itu Kamaruddin menegaskan, konten khotbah Jumat harus aktual dan responsif terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat.

"Kualitas konten khutbah yang ada sekarang di sebagian tempat sudah bagus, tetapi di sebagian yang lain masih perlu ditingkatkan," ujarnya. 

Kemenag menyiapkan naskah khotbah Jumat bagi para khatib dengan tujuan meningkatkan kualitas literasi agama yang mencerahkan umat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News