JPNN.com

Catat ya, Nyaris Seluruh Negara di Dunia Mengakui Papua bagian NKRI

Selasa, 14 Juli 2020 – 08:48 WIB
Catat ya, Nyaris Seluruh Negara di Dunia Mengakui Papua bagian NKRI - JPNN.com
Warga Papua. Ilustrasi Foto: dok Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Isu kolonialisme di tanah Papua yang digaungkan para aktivis dan pendukung kemerdekaan West Papua seperti United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang dipimpin Benny Wenda maupun Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pimpinan Agus Kossay, di dunia internasional diyakini tidak akan memiliki pengaruh signifikan.

Sebab, hampir seluruh negara di dunia mengakui Papua bagian integral dari Indonesia.

Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Ida Bagus Made Bimantara menegaskan, bahwa berbagai isu di Papua seutuhnya merupakan urusan dalam negeri, dan semua negara memahami dan menghormati posisi Indonesia.

“Hampir 99,5 persen pemerintah di dunia mengakui dan menghormati keutuhan Indonesia, menegaskan bahwa Papua bagian Indonesia, hanya satu negara masih mempertanyakan yaitu Vanuatu,” ujar Sade, panggilan akrab Ida Bagus Made Bimantara, dalam diskusi “Mengapa Isu Papua Diinternasionalisasi” , Senin (13/7).

Sade menegaskan, Papua saat ini sudah bebas secara politik. Di sana sudah dijalankan Pilkada, Pilpres, diberikan hak otonomi khusus.

Selain itu pemerintah pusat terus melakukan kebijakan afirmatif action dengan berupaya sekuat tenaga memenuhi hak dasar, termasuk hak asasi manusia.

Berbagai akses juga sepenuhnya diberikan seperti menghadirkan BBM dengan harga sama seperti di daerah lain di Indonesia, akses transportasi dan infrastruktur terus dibangun, layanan kesehatan dijalankan.

Sementara, Benny Wenda yang terus mengkampanyekan kemerdekaan Papua, sejatinya tidak pernah berkontribusi ke Papua.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo