Catatan 6 Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Siapa Lebih Unggul?

Catatan 6 Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Siapa Lebih Unggul?
Suporter Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2019. Foto: PSSI.org

jpnn.com, JAKARTA - Laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam, lanjutan Grup B SEA Games 2019 Filipina, berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Minggu (1/12) malam nanti, siaran langsung RCTI pukul 19.00 Wib.

Bagaimana catatan pertemuan keduanya selama SEA Games di era modern digelar?

Ajang sepak bola SEA Games merupakan pertarungan tim usia muda. Sejauh ini, sejak era 2000-an, Indonesia sudah berjumpa Vietnam sebanyak enam kali.

Paling banyak jumpa di fase grup, karena ada empat pertemuan. Dari jumlah itu, Indonesia lebih unggul dengan dua kali menang, sekali kalah dan sekali imbang.

Dua pertemuan lainnya ialah di perebutan tempat ketiga dan semifinal, Indonesia dan Vietnam berbagi kemenangan (lihat grafis).

Melihat catatan selama ini dan pertemuan di fase grup pada edisi 2019 ini, Indonesia layak diunggulkan dari catatan rekor. Namun, Pelatih Timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri memilih tak melihat rekor tersebut.

"Saya tidak berpikir ke sana, laga ini pasti ketat. Fokus ke laga nanti, tidak usah memikirkan yang lain," terangnya.

Hal yang sama diungkapkan Park Hang Seo karena dia tak mau berpatokan pada hasil kualifikasi Piala Asia U-23 pada Maret 2019 lalu. Saat itu, Vietnam menang tipis 1-0 atas Indonesia.

Selama ajang SEA Games sejak era 2000-an, Timnas Indonesia vs Vietnam sudah berlangsung enam kali. Berikut catatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News