Catatan Kritis Fraksi PKS: Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di 3 Bidang Ini Masih Jauh dari Harapan

Catatan Kritis Fraksi PKS: Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di 3 Bidang Ini Masih Jauh dari Harapan
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. Foto: Fraksi PKS DPR RI.

jpnn.com - JAKARTA - Fraksi PKS DPR memberikan catatan kritis atas jalannya roda Pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam mengelola negara sepanjang 2022.

Catatan kritis yang disampaikan Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini pada akhir Desember 2022 itu dibagi dalam tiga klaster, yakni ekonomi dan kesejahteraan, politik dan demokrasi, serta hukum dan etika penyelenggara negara.

Jazuli mengatakan bahwa dari berbagai indikator, ekonomi, politik, dan hukum tidak baik-baik saja.

Sayangnya, lanjut dia, banyak kebijakan yang tidak tepat bahkan tak mencerminkan semangat "pulih lebih cepat bangkit lebih kuat" sebagaimana acapkali disampaikan pemerintah.

“Alhasil, kinerja pemerintah masih jauh dari harapan dan belum bisa wujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat," kata Jazuli dalam keterangan resminya, Sabtu (31/12/2022).

Jazuli menilai kinerja ekonomi pemerintah tidak maksimal dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Data menunjukkan walaupun jumlah penduduk miskin pada Maret 2022 sebesar 26,16 juta jiwa atau turun sekitar 9,54 persen dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebesar 27,54 juta jiwa atau sekitar 10,14 persen, angka ini tergolong tinggi.

"Selisih jumlah penduduk miskin perkotaan dibandingkan perdesaan cukup tinggi. Pada Maret 2022, pendudukan miskin perkotaan sebesar 7,50 persen sedangkan perdesaan mencapai 12,29 persen,” kata anggota DPR Dapil Banten itu.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menyebut kinerja pemerintah masih jauh dari harapan dan belum bisa wujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News