Catatan Rekor Produksi Tertinggi Pupuk Indonesia

Catatan Rekor Produksi Tertinggi Pupuk Indonesia
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Pupuk Indonesia pada 2017 berhasil mencapai rekor produksi tertinggi sepanjang berdirinya perusahaan, yaitu sebesar 11,42 juta ton untuk segala jenis pupuk.

Kenaikan produksi ini antara lain didorong oleh mulai beroperasinya pabrik baru Pusri 2B yang berkapasitas 970 ribu ton per tahun.

“Selain itu, reliabilitas pabrik juga terus meningkat sehingga mengurangi terjadinya unscheduled shutdown," ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat.

Hal ini juga mendorong turunnya rasio konsumi gas bumi untuk produk urea, dari rata-rata 29,86 MMBTU per ton menjadi 28,69 MMBTU/ton.

“Turunnya rasio konsumsi gas bumi adalah hasil dari semakin handalnya pabrik-pabrik kita berkat program revitalisasi yang kita jalankan," kata Aas.

Untuk produksi produk nonpupuk, yang terdiri dari produk seperti asam sulfat, asam fosfat dan produk sampingan lainnya, mencapai 5,42 juta ton dari target sebesar 5,8 juta ton.

Pupuk Indonesia juga berhasil meningkatkan penyaluran pupuk bersubsidi sepanjang 2017. Secara keseluruhan, Pupuk Indonesia menyalurkan 9,3 juta ton pupuk untuk sektor PSO (Public Service Obligation).

Adapun rincian 4,1 juta ton urea, 2,68 juta ton NPK, 851 ribu ton SP36, 961 ribu ton ZA dan 688 ribu ton pupuk organik.(chi/jpnn)


Kenaikan produksi ini didorong oleh mulai beroperasinya pabrik baru Pusri 2B yang berkapasitas 970 ribu ton per tahun.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News