Penuhi Kebutuhan Pupuk, 3 BUMN ini Bersinergi

Penuhi Kebutuhan Pupuk, 3 BUMN ini Bersinergi
Kantor Kementerian BUMN. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Pupuk Indonesia dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III bersinergi untuk memenuhi kebutuhan pupuk urea dan NPK Chemical untuk perkebunan di lingkungan holding PTPN 3.

BNI berperan memberikan fasilitas perbankan dan fasilitas pembiayaan bagi kedua belah pihak.

"Kerja sama tersebut merupakan wujud sinergi BUMN guna meningkatkan efisiensi dan nilai tambah bagi setiap BUMN," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan, pihaknya mendukung sinergi BUMN antara BNI – PTPI – PTPN karena akan memberikan manfaat yang besar dari sisi efisiensi maupun keuntungan bisnis.

BNI sebagai Bank BUMN mempunyai jenis-jenis produk cash loan maupun non cash loan seperti Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), garansi bank (GB), dan lainnya siap mendukung kerjasama antara PI dan PTPN 3.

Fasilitas pembiayaan yang BNI berikan kepada PTPN III akan secara otomatis menjamin pembayaran pembelian pupuk yang akan diterima oleh PI.

“Kerja sama BUMN memang harus selalu ditingkatkan karena setiap BUMN sebenarnya mempunyai kekuatan yang saling mendukung yang dapat mengoptimalisasikan bisnis masing-masing yang nantinya akan berdampak positif bagi laba BUMN," jelasnya.

Sementara, Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat mengungkapkan bahwa perseroan sebagai produsen tunggal urea dan NPK Chemical di Indonesia, melihat masih ada potensi yang sangat besar untuk bisa memenuhi kebutuhan di PTPN.

Dalam sinergi BUMN ini, BNI berperan memberikan fasilitas perbankan dan fasilitas pembiayaan bagi kedua belah pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News