Catur Berjaya Setelah Tiga Kali Sea Games Jeblok

Catur Berjaya Setelah Tiga Kali Sea Games Jeblok
Catur Berjaya Setelah Tiga Kali Sea Games Jeblok

jpnn.com - JAKARTA - Tim catur Indonesia menorehkan prestasi menggembirakan dalam ajang Sea Games Nay Pyi Taw, Myanmar 2013. Hingga hari ketujuh, timnas catur sudah memperoleh empat medali emas, dua medali perak, dan empat medali perunggu.

Perolehan ini bahkan melebihi target awal yaitu dua emas. Prestasi ini semakin lengkap karena semua anggota tim sukses memperoleh medali.

Ketua Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo menganggap prestasi ini tidak sembarangan. Pasalnya, selama ini dominasi raksasa catur Asia Tenggara, Vietnam dan Filipina yang sangat kuat.

"Prestasi ini merupakan hasil terbaik tim catur Indonesia selama mengikuti empat kali Sea Games," ujar Hashim dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (18/12).

Pada Sea Games Vietnam tahun 2003 dan Manila 2005 Indonesia tidak mampu memenuhi target dua emas. Bahkan di Sea Games Palembang 2011 yang notabenenya merupakan kandang sendiri Indonesia juga gagal.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari pola pembinaan berjenjang dan sejak dini yang menjadi fokus perhatian PB Percasi. Seringnya pecatur muda Indonesia berlatih tanding dan mengikuti berbagai turnamen internasional juga telah mendongkrak kemampuan mereka baik dari sisi teknik maupun mental.

Saat ini, lanjut Hashim, masih ada beberapa nomor catur yang belum dipertandingkan. Ia pun mengingatkan agar semua bagian tim tidak terlena dengan prestasi mereka.

"Kepada para pelatih, pembina, tim manajer dan para pecatur Indonesia Sea Games 2013, terimalah ucapan terima kasih serta penghargaan atas prestasi ini. Bangsa Indonesia sangat bangga pada Anda sekalian," ucap pria yang telah memimpin PB Percasi sejak 2010 itu.

JAKARTA - Tim catur Indonesia menorehkan prestasi menggembirakan dalam ajang Sea Games Nay Pyi Taw, Myanmar 2013. Hingga hari ketujuh, timnas catur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News