Cawan Langka Ini Ditaksir Berharga Rp 433 Miliar

Cawan Langka Ini Ditaksir Berharga Rp 433 Miliar
Cawan Langka Ini Ditaksir Berharga Rp 433 Miliar

jpnn.com - HONG KONG -- Sebuah cawan anggur langka dari Dinasti Ming ditaksir bakal terjual USD 38 juta atau sekitar Rp  433 miliar di Hong Kong.

Cawan ini merupakan salah satu dari 19 cawan lainnya yang pernah dibuat.  Cawan kecil porselen berwarna putih itu dihiasi lukisan ayam jantan dan anak-anaknya. Diperkirakan dibuat pada masa pemerintahan Kaisar Chenghua antara 1465-1487.

"Ini bakal memecahkan rekor dunia  penjualan setiap karya seni atau China atau porselen," ujar wakil ketua untuk Sotheby Asia Nicolas Chow kepada channelnewsasia, (6/4).

Perkiraan ini juga melebihi rekor dunia untuk penjualan porselen Dinasti Ming berupa vas warna biru dan putih yang terjual seharga 168.6 juta dolar Hong Kong pada 2011.

"Ini tidak hanya membeli objek, tetapi membeli periode keemasan kekaisaran," sambungnya.

Hong Kong kini telah muncul sebagai salah satu pusat lelang terbesar bersama New York dan London, didorong oleh booming ekonomi China. Juga permintaan dari kolektor Asia daratan terutama pembeli kaya asal China. (esy/jpnn)


HONG KONG -- Sebuah cawan anggur langka dari Dinasti Ming ditaksir bakal terjual USD 38 juta atau sekitar Rp  433 miliar di Hong Kong. Cawan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News