Cawe-Cawe Jokowi Manjur, Elektabilitas Gerindra Naik-naik ke Puncak Gunung, Tempel PDIP

Cawe-Cawe Jokowi Manjur, Elektabilitas Gerindra Naik-naik ke Puncak Gunung, Tempel PDIP
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Dok Humas Prabowo Subianto

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei Y-Publica menunjukkan elektabilitas Partai Gerindra mengalami peningkatan secara konsisten.

Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono mengatakan elektabilitas Partai Gerindra berpeluang untuk menyalip PDI Perjuangan.

Pada survei Februari 2023, elektabilitas Gerindra sebesar 11,7 persen, lalu menjadi 14,4 persen pada awal April 2023.

Selanjutnya, pada survei Mei 2023, elektabilitas Partai Gerindra mencapai 15,8 persen.

Di sisi lain, elektabilitas PDIP mencapai 19,2 persen pada Februari 2023, menjadi 16,8 persen pada April 2023, lalu naik menjadi 17,3 persen pada Mei 2023.

“Meskipun masih unggul, PDIP terancam disalip elektabilitasnya oleh Gerindra yang mengalami tren kenaikan secara signifikan,” kata Rudi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (1/6).

Cawe-Cawe Jokowi

Menurut Rudi Hartono, cawe-cawe Presiden Jokowi berdampak terhadap kekuatan oposisi yang hendak mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Partai Demokrat yang masih berada pada peringkat tiga besar mengalami koreksi elektabilitas, kini di bawah 10 persen, tepatnya 9,7 persen.

Hasil survei menunjukkan elektabiltas Gerindra mengalami kenaikan signifikan, yang diduga ada kaitannya dengan cawe-cawe Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News