Sabtu, 15 Desember 2018 – 09:45 WIB

Cegah Abrasi, Lanal dan Pemkab Tegal Tanam Mangrove

Kamis, 29 November 2018 – 08:52 WIB
Cegah Abrasi, Lanal dan Pemkab Tegal Tanam Mangrove - JPNN.COM

jpnn.com, TEGAL - Jelang memperingati Hari Armada RI Ke-73, Hari Nusantara Ke-17 dan Hari Ikan Nasional Ke-5 Tahun 2018, Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal bersama Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, Selasa (27/11) menggelar Program Penghijauan untuk menyelamatkan Pantai Utara Jawa dari aberasi.

Sebanyak 2.000 (dua ribu) bibit pohon cemara laut dan 26.000.000 (dua puluh enam ribu) bibit pohon mangrove ditanam di seluruh Kawasan Pesisir Pantai Utara Jawa Kabupaten Tegal hingga perbatasan Kabupaten Pemalang.

Kedua instansi ini sepakat menghijaukan pantai utara Jawa melalui program tersebut, guna menimalisir abrasi pantai yang setiap hari tergerus.

Kegiatan penanaman bibit pohon ini, melibatkan ratusan personel dari Lanal Tegal dan staf DKKP, perwakilan Pelajar/mahasiswa serta para stakeholder kemaritiman di wilayah Tegal.

Sebelum penanamnan, diawali dengan prosesi upacara yang digelar di Lapangan Desa Munjung Agung Kecamatan Kramat dengan inspektur upacara Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dan Komandan Upacara Paspotmar Lanal Tegal Kapten Laut (P) Subandi.

Selepas Prosesi upacara ceremonial tersebut, jajaran Forkompinda Kabupaten Tegal yang hadir dalam upacara ini, ikut melaksanakan penanaman bibit pohon cemara laut secara simbolik, termasuk di antaranya Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto yang hadir didampingi Ny.Endah Agus Hariyanto.

Menurut Komandan Lanal Tegal, program tersebut merupakan upaya bersama antara TNI AL dalam hal ini Lanal Tegal dengan Pemerintah Daerah melalui DKPP Kabupaten Tegal untuk melakukan penghijauan di kawasan pesisir sekaligus untuk menimalisir Abrasi Pantai Utara Jawa.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar