Cegah Anemia dengan Menu Sarapan Sederhana

Cegah Anemia dengan Menu Sarapan Sederhana
Sarapan. Ilustrasi Foto: Allex Qomarullah/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Ahli gizi dari RSUI Ayunthaya Wiharani merekomendasikan sarapan sehat setiap pagi untuk menghindari kekurangan zat besi yang berujung anemia.

Di antaranya dengan mengonsumsi makanan mengandung protein hewani sebagai sumber zat besi heme dan non-heme, dipadukan makanan sumber protein nabati.

"Heme untuk membentuk hemoglobin banyaknya dari protein hewani. Protein nabati tetapi sumber non-heme kecuali tempe (sumber heme). Selain membangun heme, kita harus membangun globin untuk membangun hemoglobin, yang kita butuhkan protein hewani dan nabati," kata Ayunthaya, Selasa.

Bisa juga menambahkan vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi. Misalnya dari buah jeruk, tomat atau sayuran seperti brokoli dan paprika.

Contoh sarapan kaya zat besi seperti dikutip dari laman Livestrong, antara lain, sereal yang diperkaya dengan stroberi dan susu almond, dua telur dadar dengan setengah paprika.

Ditambah setengah cangkir tomat cincang dan segelas jus jeruk.

Pilihan lainnya, oatmeal instan dengan 1/4 cangkir kismis.

Pada kesempatan berbeda, dosen Ilmu gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman sekaligus Wakil Ketua Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Teguh Jati Prasetyo mengingatkan dari sisi komposisi.

Cara mencegah anemia dengan menu sarapan sederhana setiap pagi terbukti ampuh, selamat mencoba.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News