Cegah Contek Berjamaah, Lembar Jawaban UN Dipelototi

Cegah Contek Berjamaah, Lembar Jawaban UN Dipelototi
Cegah Contek Berjamaah, Lembar Jawaban UN Dipelototi
JAKARTA-- Para pengawas ujian nasional (UN) tahun 2012 akan serius melakukan pengawasan terhadap pola jawaban para peserta UN. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya contek massal yang dilakukan oleh para peserta UN.

"Untuk menghindari adanya dugaan contek massal yang pernah terjadi pada pelaksanaan UN tahun lalu, maka pemerintah akan tetap mengawasi pola jawaban siswa atau peserta UN," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (2/12).

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menjelaskan, dari pola jawaban para siswa tersebut dapat diketahui apakah terjadi contek massal atau tidak. Ia pun mengingatkan adanya kejadian dugaan contek massal di SDN Gadel, Surabaya, Jawa Timur pada UN 2011 lalu.

"Waktu di Gadel itu kan ada kelas yang pola jawabannya tidak sama. Meskipun iya memang ada instruksi (mencontek) dan itu sudah ditindak, tetapi apakah dengan adanya instruksi itu serta merta terjadi contekan? Kan ini harus dibuktikan. Buktinya dilihat dari mana? Ya ini dari lembar jawabannya," jelas Nuh.

JAKARTA-- Para pengawas ujian nasional (UN) tahun 2012 akan serius melakukan pengawasan terhadap pola jawaban para peserta UN. Hal ini untuk mengetahui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News